Pages

Social Icons

Featured Posts

KOMPUTASI MODERN

Sunday, March 26, 2017

PENGERTIAN KOMPUTASI MODERN

Komputasi Modern merupakan sebuah system yang akan menyelesaikan masalah matematis menggunakan computer dengan cara menyusun algoritma yang dapat dimengerti oleh computer yang berguna untuk menyelesaikan suatu masalah, didalamnya terdapat perhitungan dan pencarians solusi dari masalah. Perhitungan  dari komputasi modern adalah akurasi, kecepatan, problem ,dan service dan besar kompleksitas. Pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan banyak pemahaman baru, melalui penrapan model-model matematik dalam computer berdasarkan landasan teori yang sudah ada untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata.

JENIS-JENIS KOMPUTASI MODERN

Mobile Computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memliki beberapa penjelasan, salah satunya merupakan kemajuan teknologi computer sehingga dapat bekomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.

Grid Computing
Komputasi grid menggunakan computer yang terpisah oleh geografis, didistribusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelesaikan masalah komputasi skala besar.

 Cloud Computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

PENERAPAN KOMPUTASI MODERN

Untuk komputasi di dunia nyata, saya akan memberikan salah satu website sebuah toko yang menjual mainan, yaitu (http://unicorn-toys.com). Unicorn Toys berdiri sejak 2006 di semarang, yang awal toko hobby online yang didirikan oleh Jonathan Chrisnada ini awalnya bernama ‘MASTER G’. Toko ini menjual mainan hobi seperti model kit, action figure, candy toy, mini 4WD, dll dari berbagai macam produsen. Seiring dengan berjalannya waktu, nama diubah menjadi “UNICORN TOYS” pada tahun 2008, dengan alasan untuk memperkuat brand dan mempermudah costumer mengingatnya. Perkembangan usaha dan banyaknya permintaan membuat UNICORN TOYS mendirikan toko offline di JL. Gedung Batu Utara I, Semarang. Dibawah ini adalah tampilan utama dari website UNICORN TOYS.
                UNICORN TOYS yang awalnya adalah online shop, membuat website ini untuk proses jual beli secara online, proses transaksi online ini termasuk dalam komputasi modern. Dengan adanya layanan online ini, konsumen dapat melakukan transaksi secara online tanpa harus dating langsung ke toko fisik di Semarang. Dibawah ini tampilan katalog barang yang dijual.
Cara kerja website sama dengan website e-commerce lainnya. Konsumen memilih barang yang ingin dibeli, tentukan jumlahnya lalu masukkan dalam cart. Lalu lanjut ke proses selanjutnya, seperti konfirmasi barang yang dibeli, Malakukan konfirmasi id, konfirmasi alamat, pemilihan metode pengiriman, dan proses pembayaran. Semua proses dilakukan oleh komputer, seperti penggunaan algoritma untuk penentuan jumlah barang dan jumlah harga. Lalu pengambilan alamat pengiriman melalui ID, dengan melakukan login alamat pengiriman dapat automatis terlihat.
Semua itu sesuai dengan konsep komputasi modern, sebuah system yang akan menyelesaikan masalah matematis menggunakan computer dengan cara menyusun algoritma yang dapat dimengerti oleh computer yang berguna untuk menyelesaikan suatu masalah. Semua dilakukan oleh komputer, tidak menggunakan bantuan manusia dalam memecahkan masalah pemesanan.

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading

Sample Text

Mest Gryder. Powered by Blogger.

Sample Text

Followers