Pages

Social Icons

Featured Posts

KOMPUTASI DAN PARALLEL PROCESSING

Sunday, June 4, 2017


Komputasi
Komputasi adalah proses menghitung, membandingkan dan berbagai operasi perhitungan matematika dan logika yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu masalah. didalamnya terdapat perhitungan dan pencarians solusi dari masalah. Perhitungan  dari komputasi modern adalah akurasi, kecepatan, problem ,dan service dan besar kompleksitas. Pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan banyak pemahaman baru, melalui penrapan model-model matematik dalam computer berdasarkan landasan teori yang sudah ada untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata.

Parallel Processing
Pemrosesan paralel (parallel processing) adalah penggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya, parallel processing membuat programberjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan. Tetapi dalam praktek,seringkali sulit membagi program sehingga dapat dieksekusi oleh CPU yang berbea-beda tanpa berkaitan di antaranya. Sebagian besar komputer hanya mempunyai satu CPU, namun ada yang mempunyai lebih darisatu. Bahkan juga ada komputer dengan ribuan CPU. Komputer dengan satu CPU dapat melakukan parallel processing dengan menghubungkannya dengan komputer lain pada jaringan. Namun, parallel processing ini memerlukan software canggih yang disebut distributed processing software. Parallel processing berbeda dengan multitasking, yaitu satu CPU mengeksekusi beberapa program sekaligus. Parallel processing disebut juga parallel computing.
Struktur dari Parallel Processing yaitu :

1.      Komputer SISD (Single Instruction stream-Single Data stream)
2.      Komputer SIMD (Single Instruction stream-Multiple Data stream)
3.      Komputer MISD (Multiple Instruction stream-Single Data stream)
4.      Komputer MIMD (Multiple Instruction stream-Multiple Data stream)

Hubungan antara Komputasi dengan Parallel Processing
Hubungan antara komputasi modern dan parallel processing sangat berkaitan, karena penggunaan komputer saat ini atau komputasi dianggap lebih cepat dari pada secara manual. Dengan begitu peningkatan kinerja atau proses komputasi semakin diterapkan dan salah satunya dengan memecahkan masalah menggunakan komputasi dengan efisien. Dengan Komputasi Parallel, melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan. Biasanyadiperlukan saat kapasitas yangdiperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar ataupun karenatuntutan proses komputasi yang banyak. Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah.

Kesimpulan :
Komputasi adalah sebuah cara untuk menyelesaikan suatu masalah, sedangkan parallel processing adalah metode yang digunakan. Jadi hubungan antara dua materi tersebut adalah ketika ada suatu masalah kita selesaikan menggunakan bantuan komputer, untuk membuat kerja menjadi efisien menggunakan metode parallel processing yang mana menggunakan beberapa komputer untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga menjadi lebih cepat dan akurat. Saya mengambil dari 1 blog saja karena menurut blog itu sudah cukup memberikan informasi tentang komputasi dan parallel processing.

Sumber :

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading

Sample Text

Mest Gryder. Powered by Blogger.

Sample Text

Followers