Pages

Social Icons

Featured Posts

SIKAP MENGHARGAI WAKTU

Sunday, June 4, 2017


Waktu adalah suatu yang terus berjalan menuju masa depan dan meninggalkan masa lalu. Bahkan saat makhluk hidup berhenti beraktivitas waktu tetap berjalan, tidak semakin cepat dan tidak semakin lambat. Banyak orang mengatakan bahwa “Time is Money” hal ini menunjukkan sangat berharganya waktu walaupun hanya 1 detik. setiap orang mempunyai waktu yang sama dalam hidup mereka. Hidup begitu indah namun juga begitu rapuh, setiap detik terus berjalan dan tanpa kita sadari suatu hal bisa terjadi entah itu baik atau buruk, gunakanlah waktu yang kita miliki sebaik mungkin

Kenyataannya yang terjadi di kehidupan adalah banyak orang masih menyepelekan waktu. Berdasarkan pengalaman saya, saya sering menunda – nunda aktivitas saya, dari mengerjakan tugas sehingga menjadi menumpuk dikejar waktu, sampai waktu istirahat yang suka ditunda sehingga kekurangan waktu istirahat. Akibatnya aktivitas saya menjadi terlambat dan sangat merugikan.

Budaya-budaya itu semua tidak boleh dibiarkan agar anak cucu kita tidak meniru hal buruk ini. Jangan sampai sikap seperti ini dijadikan sebuah kepercayaan bagi mereka untuk mebudayakan terlambat, dan tidak menghargai waktu. Sudah saatnya kita untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah berniat di dalam hati dan sadar bahwa sikap menghargai waktu merupakan wajib dan harus kita semua lakukan mengingat begitu pentingnya waktu bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Negara akan lebih maju jika warga negaranya lebih menghargai waktu, begitupun sebaliknya. Dalam hal ini saya ingin menabahkan ketika ingin mengerjakan sesuatu buatlah target sehingga waktu yang ada tidak terbuang sia-sia.

Dalam ajaran islam pun ada ayat Alquran, Allah SWT banyak menyinggung tentang waktu, termasuk bersumpah demi waktu dalam surah Al-Ashr [103] ayat 1. Pada surah tersebut, Alllah SWT Menekankan betapa pentingnya menghargai waktu dengan selalu beramal shaleh dan menjanjikan keberuntungan besar bagi yang mengamalkannya. Perintah menghargai waktu lainnya adalah tersirat dalam waktu-waktu shalat yang telah Allah SWT tentukan. Selain merupakan bentuk kewajiban paling asasi, shalat dapat pula menjadi media pembelajaran bagi umat Muslim untuk menghargai dan menepatinya.

Selain itu kita juga harus tahu bahwa banyak manfaat apabila kita disiplin dan menghargai waktu, antara lain sebagai berikut:
  1. Tugas tepat waktu sehingga pekerjaan kita tidak menumpuk dan menjadi beban bagi diri sendiri.
  2. Tidak menyusahkan orang lain, dengan kerja kita yang selalu tepat kita tidak menyusahkan orang lain. Contohnya saat persentasi kita telat datang atau telat mengumpulkan bahan persentasi, itu akan merugikan pihak yang terlibat dalam persentasi tersebut.
  3. Dengan menghargai waktu kita dapat menjalani hidup yang lebih baik, karena ketika kita menghargai waktu, da
    n mengisinya dengan hal-hal bermanfaat dan baik makan kedepannya kita akan mendapatkan hal-hal yang baik juga
  4. Dengan sikap menghargai waktu, diharapkan kita semua dapat sadar bahwa waktu terus berjalan, gunakan waktu untuk hal-hal baik dan bermanfaat sehingga tidak terjadi penyesalan kemudian hari. Dari segi agama pun kita hidup di dunia ini sementara gunakan waktu yang singkat dengan sebaik-baiknya banyak beramal untuk tabungan kita di akhirat nanti.

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading

Sample Text

Mest Gryder. Powered by Blogger.

Sample Text

Followers